Sunday, January 10, 2016

Ini Dia Skateboard Masa Depan yang Keren Abis


Ini Dia Skateboard Masa Depan - Kalian pasti tahu siapa tokoh tersebut? Ya.. dia adalah Green Goblin. Sang musuh utama dari Spiderman di trilogy pertamanya. Namun di trit kali ini ane ga bakal bahas tentang film Spiderman gan ane mau bahas tentang kendaraannya si Goblin yaitu “skateboard melayang” a.k.a Hoverboard. 
Kalian pasti tahu siapa tokoh tersebut? Ya dia adalah Goblin sang musuh utama dari Spiderman di trilogy pertamanya. Namun di artikel kali ini, bukan mau membahas tentang film Spiderman yah, tapi mau membahas tentang kendaraanya si Green Goblin yaitu Skateboard Melayang atau Hoverboard

Teknologi ini dalam waktu dekat akan segera rilis. Yaitu perusahaan HENDO yang pertama kali merilis skateboard terbang ini ke pasaran, tepatnya pada tanggal 21 Oktober 2015 kemarin.
Harganya dibanderol $10,000 untuk sebuah hoverboard, atau sekitar Rp137 Juta. Wuihh uang segitu mungkin bisa buat beli rumah.
Selain HENDO, ada juga perusahaan LEXUS yang membuat Hoverboard, namun masih dalam tahap penyempurnaan dan katanya sih bakal lebih baik daripada HENDO Hoverboard. Well, kita lihat saja nanti.





Nah lalu bagaimana sih cara kerja Hoverboard ini?
Ternyata prinsip kerjanya sangat SEDERHANA, yaitu gaya tolak magnet seperti yang kita pelajari sewaktu SD.

Keajaiban di balik Hoverboard adalah terletak pada empat buah mesin berbentuk cakram di dalamnya. Cakram itu menghasilkan medan magnet khusus yang saling mendorong sehingga papan bisa melayang. Sistem ini sekaligus untuk menstabilkan Hoverboard ketika melayang. “Ini semacam skateboard untuk terbang”kata pencipta Hendo Hoverboard, Greg Henderson. Teknologi ini, prinsip kerjanya mirip dengan kereta maglev (magnetic levitation), sebuah metode trasnportasi yang meluncur tanpa menyentuh rel.



Masih menggunakan magnet namun sedikit berbeda dengan Hendo, Lexus mengisi hoverboard menggunakan Nitrogen cair yang dingin nya mencapai -321 derajat Fahrenheit.  Kalau kena tangan bisa kebakar itu saking dinginnya. Iya percaya deh kebakar, cobain aja kalo gak percaya . Nah ketika cairan nitrogen habis, maka superconductor akan kembali memanas dan Hoverboard pun akan berhenti melayang.



Nitrogen Cair

Kemampuan



Hoverboard yang masih dalam bentuk prototipe baru bisa melayang di atas lantai yang terbuat dari logam non-ferrous seperti tembaga atau aluminium. Papan itu bisa melayang sekitar 3 sentimeter. Tak hanya melayang, papan itu juga mampu membawa beban sampai 140 kilogram atau (sekitar dua orang) selama sekitar 15 menit untuk waktu pengecasan selama 1-2 jam. Oh iya untuk kecepatannya sendiri, hoverboard bisa menempuh kecepatan hingga 300 mph.

Tonton yuk videonya di bawah ini

Mengendarai Hoverboard juga tidak segampang meluncur di atas skateboard. Desain tanpa roda menutup kemungkinan pengguna dalam melakukan trik-trik sederhana semisal ollie ataupun backflip. Bahkan atlet skateboard profesional sekelas Ross McGouran atau Tony Hawk pun butuh waktu untuk beradaptasi. Namun pada akhirnya, keduanya sukses mengendalikan hoverboard mereka masing-masing. Yaitu Tony Hawk dengan Hendo nya, McGouran dengan Lexus nya. 

Kesimpulan

Memang Hoverboard ini masih belum bisa digunakan sebagai transportasi masyarakat karena masih harus menggunakan arena khusus yang dilapisi magnet agar bisa melayang. Namun masa depan sudah sangat dekat! Teknologi ini bisa dikembangkan dengan bentuk lain seperti sepatu terbang seperti Iron Man, Skuter/motor terbang, bahkan Mobil Terbang. Kejadian-kejadian seperti di film Science-Fiction akan benar terjadi di dunia ini. “Tidak ada yang tidak mungkin dengan teknologi”. So, jangan pernah berhenti untuk mempelajari / mengembangkan teknologi, bahkan menciptakan teknologi baru yang bisa berguna untuk umat manusia di masa kini, dan di masa nanti
Ternyata yang di film "Back to The Future" itu yang rilis tahun 1985 menjadi kenyataan pas lagi di tahun 2015 

Ya.. benar ada sebuah film di tahun 85-an yang membahas tentang Hoverboard ini. Yaitu film yang berjudul Back to Future. Menceritakan tentang teknologi hoverboard yang terjadi di tahun 2015. Amazingly, cerita di film ini sekarang benar-benar terjadi. Tahunnya pun sangat pas yaitu 2015. Tonton deh filmnya seru banget...!

Sekian pembahasan tentang Skateboard Masa Depan, mudah-mudahan menambah pengetahuan buat kalian semua sobat inpoloper

Jangan Lupa Share yah !

Related Posts

Ini Dia Skateboard Masa Depan yang Keren Abis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka sama postingan blog ini, subscribe aja di sini !

Berkomentarlah secara relevan !!!