Wednesday, February 10, 2016

Lihat Ilusi Optik Ini Membuat Kamu Bertanya-tanya !

Ilusi optik mata terbaik di dunia, bergerak, terbaru, lucu paling keren, foto, hitam putih, seram afterimages, bayangan, alami, bikin pusing, membuat mata tertipu, seram, menakjubkan

Ilusi Optik Membuat Bertanya-tanya - Ilusi Optik atau yang lebih dikenal tipuan mata selalu membuat kita terkagum dan kadang bertanya-tanya "kenapa bisa begitu?" Berikut ini adalah 11 ilusi optik beserta penjelasannya.


Giant Globe 3D



Lukisan 3D terkadang memang cocok jika dipandang dari prespektif tertentu tetapi jika dipandang dari sudut lain terlihat berbeda.


Rotating Pink Rings


Coba kamu pandangin bagian titik kuning, lalu dekat kan kepala kamu ke layar dan kamu akan melihat warna pink berputar seperti roda.


Squares


Dua kotak diatas terlihat seperti dua kotak yang berbeda warna. Pada kenyataannya tidak dua kotak tersebut sebenarnya memiliki warna yang sama, nggak percaya? Tempelkan jari terlunjuk kamu di bagian tengah-tengah yang ditandain anak panah merah dan lihatlah !
Penjelasan :
Bagi kamu yang melihat kesamaan warna saat menempelkan jari berarti ilusi optik telah berhasil mempengaruhi mata kamu. Warna yang terdapat pada kedua kotak memliki saturasi yang sedikit berbeda, sehingga jika dilihat dari jauh dan dengan efek shadow dan lightning kita bisa melihat jelas bahwa warna diatas abu-abu dan dibawah warna putih, tetapi begitu efek shadownya dan lightningnya kita tutup dengan jari telunjuk, warna mereka berdua terlihat sama. Saturasi warna yang berbeda tidak bisa kita bedakan bila kita melihatnya dengan cermat tetapi akan terlihat bila kita melihatnya dari jauh.


Lingkaran Orange Manakah yang Terlihat Besar


Sekilas memang terlihat berbeda bukan? Tapi coba kamu ukur dengan penggaris dan coba lihat !

Ternyata setelah digaris lingkaran tersebut memiliki tinggi/diameter yang sama.
Penjelasan :
Itu akibat lingkaran-lingkaran yang berada disekitar lingkaran berwarna orange mempengaruhi perspektif kita, Dalam kehidupan kadang ini sering terjadi dan tidak kita sadari, misalnya disaat kita mendapatkan nilai 6 pada suatu pelajaran nilai kita akan terasa sangat kecil dibanding teman-teman kita yang mempunyai nilai 10, dan sebaliknya nilai 6 akan terasa besar jika disekitar kita mendapatkan nilai 2. Hal tersebut juga terasa pada lingkaran orange yang kanan lebih besar dibanding lingkaran orange yang kiri.


Mendekatkan Kepala Pada Layar


Coba dekatkan kepala kamu ke layar maka kamu akan melihat cahaya yang semakin terang dan jika kamu menjauh, maka cahaya tersebut akan terlihat semakin lemah.
Penjelasan :
Ini teknik ilusi menggunakan layar LCD atau LED dan memainkan saturasi warna juga. pada bagian tengah menggunakan saturasi warna putih yang terang, lalu intensitas warnanya dikurangi pada bagian bintang 40 sudut sehingga jika kamu menarik kepala menjauh dari layar, kamu bisa melihat itu semua. Tetapi begitu kita mendekati layar warna putih yang berada diluar bintang sudut itu dan bagian sudut seakan semakin terang. Sebenarnya cahaya tersebut sama putihnya hanya saja, jika kamu masih ingat dengan pelajaran IPA dulu, cahaya dari matahari memantul ke benda yang kita lihat baru kita bisa melihat benda tersebut dengan jelas.
Lalu apa yang terjadi jika kita memandang sumber cahaya itu sendiri, seperti kita memandangi matahari? tentu sangat menyilaukan! Layar LED/LCD di Laptop, Komputer dan Smartphone, mempunyai sumber cahaya sendiri, jika kamu memandanginya dekat-dekat sejatinya pasti akan silau, tetapi jika memandang tulisan biasa hal tersebut tidak akan terjadi karena percampuran warna hitam diatas putih yang jelas, tetapi begitu kita memandang putih asap (atau whitesmoke atau biasa ditulis dengan #F5F5F5 pada komputer) ke putih murni (#FFFFFF) dengan pola melingkar maka kita akan merasa silau, dan itu menyebabkan iris mengecil mengurangi intensitas cahaya yang masuk dan membuat tidak bisa melihat disekitarnya dengan jelas selain putih terang.

Titik Hitam atau Putih


Sebenarnya titik-titik tersebut putih semua, tetapi kadang mata kita melihatnya menjadi titik hitam
Jujur saja saya juga kurang paham tentang ini, selain kelelahan mata, jika kita fokus dan stabil semuanya tampak putih tetapi jika tidak, kadang akan berkedip titik tersebut menjadi hitam.


Two Face


Model ilusi yang seperti ini seringkali kita dapatkan, dua wajah pada satu posisi.
Ilusi optik ini bermain utama pada teknik pemotongan wajah yang dibuat nyaris serupa dengan tampilan wajah dari samping, selanjutnya tinggal menambahkan sedikit alis kanan.


Face In The Mask


Jika kamu melihat satu orang didalam topeng tersebut maka kamu salah, disana ada dua orang.


Wajah Terbalik


Yakin ,ketiga wanita di atas terlihat cantik ? Coba diputar balik, atau lihat gambar di bawah ini !

Bagaimana bisa? Tentu bisa, pada posisi terbalik kita melihat wanita tersebut normal ingat normal! seharusnya sejatinya kita melihat mereka terbalik.

Pada gambar ilusi optikal , mereka membalikkan bentuk bibir dan kelopak mata, yang sejatinya kedua hal itu adalah rekognisi kita dalam mengenal orang.


Overlapping Circles


Tampak saling mengikat satu sama lain bukan lingkarannya.

Coba kamu perhatikan lingkaran tersebut sebenarnya tidak mengikat satu sama lain.

Kita tertipu karena besar kecilnya kotak-kotak dan warna-warna nya yang tidak berbeda antara satu lingkaran ke lingkaran lain sehingga sekilas kita cenderung tertipu.


Mirror Illusion


Simple tapi keren bukan? silakan coba di rumah, dengan besar badan yang tidak terlalu besar kamu harusnya bisa, oh ya fotografernya harus ngerti juga agar pantulan cermin yang diambil pas.

Itulah tadi 11 ilusi optik atau tipuan mata yang membuat kamu bertanya-tanya



Related Posts

Lihat Ilusi Optik Ini Membuat Kamu Bertanya-tanya !
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka sama postingan blog ini, subscribe aja di sini !

8 comments

Tulis comments
avatar
Anonymous
February 11, 2016 at 5:06 AM

gambarnya bikin pusing haha

Reply
avatar
February 11, 2016 at 6:29 AM

Ilusinya keren keren semua :)

Reply
avatar
Anonymous
February 11, 2016 at 6:45 AM

Wahh ane kena genjutsu nihh..
Wkwkwkwk ilusi mata

Reply
avatar
February 11, 2016 at 6:01 PM

pusing pala belbi.. ya gan hha

Reply
avatar
Anonymous
February 16, 2017 at 6:13 AM

wah ternyata begitu ya tentang ilusi foto, mungkin lain kali ane buat juga eheh

Reply

Berkomentarlah secara relevan !!!