Monday, February 8, 2016

Tips Anti Galau Dengan Gaji Pas-Pasan


Tips mengelola gaji pas pasan, tips cara mengatur, mengatasi, menghemat, mengelola keuangan gaji pas-pasan, tips menabung untuk dengan gaji pas-pasan

Tips Mengatur Gaji Pas-Pasan - Kamu fresh graduate dengan gaji standar UMR? Atau kamu sudah kerja beberapa tahun, tapi pendapatan masih segitu-gitu aja? Jangan sedih dan jangan galau ! Gaji pas-pasan bukan akhir dari segalanya. Kamu masih bisa nongkrong atau jalan-jalan ke mall sama temen-temen kok. Selain itu, bukan berarti juga kamu nggak punya masa depan cerah loh. Berikut tips buat menangani keuangan yang pas-pasan biar kamu bisa tetap hepi dan sukses dalam karir.


Buat Rancangan Keuangan Sederhana


Sebelum mulai mengucurkan sedikit demi sedikit gaji yang kamu dapat, buatlah perhitungan berapa banyak uang yang akan kamu rutin keluarkan tiap bulannya. Kamu bisa mulai dari menghitung uang transport dan makan siang, kemudian usahakan alokasikan minimal 10% dari penghasilan buat ditabung. Nah, nantinya bakal kelihatan deh berapa banyak uang yang tersisa buat jajan.


Bawa Bekal Ke Kantor


Tips yang satu ini memang jurus jitu untuk berhemat, apalagi dengan kondisi keuangan yang kurang memuaskan. Nah, supaya masih bisa menghabiskan waktu sama temen-temen kantor, kamu bisa bagi waktu dalam seminggu, misalnya dari Senin sampai Jumat kamu tentukan kapan saja saatnya makan siang di luar sama mereka, dan kapan saatnya bawa makan siang sendiri dari rumah.


Coret Hal-Hal Tidak Perlu


Kamu harus lebih pintar membedakan mana saja hal-hal yang kamu butuhkan dan mana yang kamu mau. Kesampingkan hal-hal yang cuma memenuhi kemauan kamu, padahal sebenarnya nggak berguna-guna banget. Nongkrong sama temen-temen di cafe, tapi kamu bisa akalin dengan makan di rumah sebelum berangkat, jadi begitu nongkrong, kamu cukup ngeluarin uang buat minum.


Ubah Mindset


Besaran gaji tidak selalu mencerminkan kualitas kerja seseorang. Apalagi perusahaan tertentu kebetulan memang punya standar gaji yang lebih rendah dari perusahaan lain. Tedik sedikit karyawan yang bertahan dengan gaji kecil, tapi mereka kerja sesuai passion dan sangat berprestasi di kantor. Kecuali kalau kamu sadar gaji pas-pasan ini diakibatkan kamu kurang aktif dan berprestasi di kantor. Kalau itu masalahnya, berarti kamu sudah tahu kan harus berbuat apa?


Berhenti Mengintip Rumput Tetangga


Rumput tetangga memang selalu kelihatan lebih indah. Tapi ngurusin rumput mereka terus-terusan nggak akan bikin rumput kita jadi makin indah. Kamu mungkin kecewa karena tahu gaji temen lebih tinggi dari kamu, padahal kayaknya dari segi pengalaman nggak beda jauh. Tapi kamu nggak boleh membiarkan hal itu menurunkan semangat kamu. Justru kamu perlu jadikann kondisi tadi sebagai motivasi supaya bisa lebih berprestasi di kantor. Kalau atasan terkesan, kamu bisa dapat promosi jabatan sekaligus kenaikan gaji kan?


Pandai-Pandailah Melihat Peluang


Berpenghasilan pas-pasan bukan berarti harus diam mengasihani diri setiap hari. Nggak ada salahnya kok mencoba explore kesempatan di luar. Kamu bisa cari usaha sampingan yang nggak mengganggu waktu kerja dan produktivitas di kantor. Kalau kamu punya bakat di bidang desain, misalnya, kamu bisa tawar-tawarin ke teman terdekat kalau mereka punya project yang bisa kamu bantuin. Siapa tahu ternyata jalan sukses kamu ada di bidang itu.
Tapi kalau gaji yang kecil ini nggak didukung sama faktor-faktor lain, seperti lingkungan kerja yang kondusif, dan karir yang menjanjikan, kamu bisa mulai cari peluang di perusahaan lain. Harapannya kamu bisa dapet penghasilan yang lebih baik, yang sesuai dengan kinerja kamu.

Tips terakhir perbanyak sedekah, bisa juga sedekah ilmu, misalnya membagikan artikel yang bermanfaat ini ke semua orang !
Demikian penjelasan mengenai tips anti galau dengan gaji pas-pasan.


Related Posts

Tips Anti Galau Dengan Gaji Pas-Pasan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka sama postingan blog ini, subscribe aja di sini !

1 comments:

Tulis comments
avatar
October 30, 2019 at 12:29 AM

Thanks infonya. Oiya ngomongin gaji, tau nggak sih temen-temen kalo ternyata tuh ada sederet hal yang menyebabkan gaji jadi cepat habis? Selengkapnya bisa temen-temen liat di sini: Penyebab gaji kamu cepat habis

Reply

Berkomentarlah secara relevan !!!