Thursday, January 7, 2016

Berbagai Macam Sensor dan Fungsinya yang Terdapat di Smartphone

Perlu kalian ketahui, bahwa di dalam smartphone yang kita gunakan terdapat berbagai macam sensor yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini berbagai macam sensor dan fungsinya yang terdapat di smartphone :

1. Accelerometer Sensor
Berfungsi untuk mengidentifikasikan ketepatan arah sebuah perangkat. Sensor ini diperlukan pada beberapa game racing car seperti Asphalt, Raging Thunder, dll. Berkat adanya sensor ini kita cukup memiringkan smartphone saat kita mau belok kanan atau kiri. Tapi ingat, kepalanya gak usah di miringin juga yah sobat inpoloper :)



2. Orientation Sensor
Sensor ini berfungsi untuk mengetahui orientasi ponsel dan mendeteksi posisi dari smartphone apakah dalam mode landscape atau portrait (atau mode tegang ). Sensor ini digunakan untuk rotate layar secara otomatis.

3. Proximity Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa kontak fisik dalam jarak tertentu. Sensor ini berperan ketika saat ada panggilan. Cara kerja sensor ini ketika kita sedang menelpon, sudah pasti smartphone kita tempel ke telinga. Nah pada saat itulah layar smartphone kita otomatis akan mati sendiri.


4. Ambient Light Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya atau kuat penerangan di sekitar smartphone. Berperan dalam perubahan Brightness atau kecerahan layar. Berkat sensor ini jika kamu ada di luar rumah dibawah sinar matahari, maka otomatis layar akan meningkatkan brightnessnya full supaya layar tetap kelihatan. Jika kamu didalam rumah atau di malam hari atau didalam lemari ngapain tuh? :D maka layar akan menurunkan brightnessnya supaya lebih hemat daya dan tidak menyilaukan mata.


5. Gyroscope Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi. Gyro Sensor agak mirip dengan Accelerometer Sensor. Yang membedakannya yaitu Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sementara itu Gyro Sensor tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Gyro Sensor mampu mendeteksi arah atas, bawah, kiri, kanan, maju, mundur, gerakan rotasi, roll, pitch.


6. Compass Sensor
Berfungsi untuk menentukan arah mata angin. maka kamu tidak perlu khawatir akan tersesat di perjalanan, hutan, dan daerah lainnya.


7. Magnetometer Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi adanya medan magnet dan mengukur besarnya intensitas medan magnetik di sekitar Smartphone. Dengan adanya sensor ini, kamu bisa mengetahui benda manakah yang memancarkan medan magnet kuat, lemah, atau tidak.


8. Barometer Sensor
Berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Sensor ini diperlukan dalam navigasi, misalnya kamu lagi berpetualang ke daerah tertentu, maka dengan sensor ini, kamu bisa mengetahui tekanan udara di daerah yang kamu kunjungi. Sensor ini juga dapat memperkirakan cuaca apakah akan / sedang baik atau buruk.



9. Temperature Sensor
Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone. bukan buat ngukur panas air di panci ya poh :) Nah berkat sensor ini kamu jadi tahu kalau smartphone kamu sudah kepanasan dan perlu istirahat. Biasanya panas ini ditimbulkan oleh baterai ponsel karena aktifitas gadget yang berlebihan, misal mencharge sambil memain game atau berinternet ria. Pada beberapa gadget tertentu, sensor ini juga bisa mendeteksi suhu lingkungan sekitar.


10. Sound Sensor
Berfungsi untuk mengukur taraf intensitas / kadar bunyi di sekitar smartphone. Bermanfaat ketika sedang menelepon atau menerima panggilan di tempat yang bising / ramai, karena sensor ini akan mengukur tingkat bunyi atau kebisingan disekitarnya lalu menyesuaikan volume dari speaker atau microphone.


Baca Juga : BISNIS ONLINE TERBARU

11. Humidity Sensor
Berfungsi untuk mengukur kelembaban relatif. Bermanfaat untuk menghitung kelembaban rumah, menghitung kelembaban udara dan tanah yang cocok untuk tanaman.




12. Fingerprint Sensor
Fiingerprint Sensor merupakan sensor sidik jari yang memberikan keamanan tinggi dalam kepraktisan. Fingerprint sensor digunakan untuk membuka lockscreen, mengakses aplikasi tertentu, membuka kunci, dan perintah-perintah lainnya hanya dengan menempelkan jari pemiliknya ke sensor ini. Sensor ini ada pada Motorola ATRIX 4G, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 4, iPhone 5S, 6, 6 Plus, HTC One Max; Philips i966 Aurora, Huawei Ascend Mate 7



13. Gesture Sensor
Fungsinya adalah mengenali gerakan tangan dengan mendeteksi sinar inframerah yang dipantulkan dari telapak tangan kamu dan mengukur perubahan arus listrik ketika jari kamu berada di jarak yang dekat dengan layar. Dengan sensor ini, kamu bisa melakukan scrolling atau perintah lainnya pada smartphone dengan menyapukan tangan di atas layar tanpa menyentuhnya.





14. Heart Rate Sensor
Berfungsi untuk menghitung jumlah denyut jantung. Sensor ini ada pada Galaxy S5 dan Galaxy Note 4, kamu hanya perlu menekan jari kamu terhadap sensor detak jantung yang terletak di bagian bawah kamera pada body belakang smartphone. Dengan sensor ini kamu bisa memantau informasi fisik dan kesehatan kamu dengan didukung aplikasi S-Health.


15. Hall Sensor
Sensor ini bertujuan untuk mendeteksi apakah penutup depan aksesori smartphone (misal : Flip Cover) menutupi layar atau tidak. Bila cover tertutup, maka layar smartphone akan berubah ke mode sederhana (pada Samsung, disebut mode S-View) yang bisa dilihat melalui jendela/kaca flip cover.



16. Pulse Oximetry Sensor
Pulse Oximetry Sensor (SpO2) adalah sensor yang mengukur saturasi oksigen tubuh dan mengukur jumlah oksigen yang dibawa oleh sel-sel darah merah. Dengan sensor SpO2 ini kamu bisa tahu seberapa efektif kamu bernafas dan seberapa baik darah yang sedang diangkut ke seluruh tubuh. Sensor ini ada pada Galaxy Note 4.



17. UV Sensor
UV Sensor akan bekerja jika kita berada di luar ruangan dan dibawah teriknya sinar matahari. Sensor ini akan mengukur intensitas radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Sehingga dengan adanya sensor ini, kamu bisa tahu apakah sinar matahari di luar dapat merusak kulit (membuat kulit menjadi gelap / teriritasi) atau tidak.



18. Pedometer Sensor
Pedometer atau Penghitung langkah adalah sebuat alat yang menghitung setiap langkah seseorang dengan mendeteksi gerakan pinggul dari orang tersebut. Sensor ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan berbagai macam olahraga dengan didukung aplikasi Runtastic.


19. 3D Touch Sensor
3D Touch Sensor atau nama lainnya Force Touch Sensor itu buat ngedeteksi sekuat apa kita menekan layarnya. Sensor ini adanya di apple watch, iphone 6s sama iphone 6s plus.


20. Face Detection Sensor
Face Detector itu berfungsi untuk mendeteksi muka untuk mengunlock perangkat android kita. Jadi ketika kita akan menggunakan smartphone, cukup dengan melihat kamera depannya maka otomatis android kita akan unlock dan siap untuk digunakan.

Untuk kamu yang mau cek di smartphone kamu ada tidaknya sensor bisa di cek menggunakan aplikasi namanya Android Sensor Box
Download di Play Store

Nah itulah tadi penjelasan mengenai "Berbagai Macam Sensor dan Fungsinya di Smartphone".

Buat Inpoloper Jangan lupa Like Fanpage inpomu

Terima kasih sudah berkunjung ke www.inpomu.blogspot.com Semoga bermanfaat !

Related Posts

Berbagai Macam Sensor dan Fungsinya yang Terdapat di Smartphone
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka sama postingan blog ini, subscribe aja di sini !

7 comments

Tulis comments

Berkomentarlah secara relevan !!!